Sabtu, 17 Oktober 2009

Pengalaman Pertama Kecelakaan di Laboratorium Kimia Organik [15 Oktober 2009]

woy... woy... woy... udah pada ngerjain pra lab belum? laporan? belajar buat kuis? nampaknya... Kata-kata itu adalah kata-kata yang sering sekali terdengar di telinga manusia-manusia biokimia 45 akhir-akhir ini. (mungkin dua sampai tiga tahun ke depan deng... hehee...)

Well, gw emang udah bad felling dari tadi pagi kalo hari ini tuh bakal terjadi sesuatu yang aneh sama gw.Entah kenapa ya, tadi tuh bener-bener males pergi ke lab, ketemu sama asprak yang menanti dengan segudang pertanyaan kuis dan laporan-laporan yang udah pada gatel buat dikerjain adalah hal yang membuat gw stres akhir-akhir ini. Gw pengen istirahat sehari aja tanpa itu semua, tapi kagak mungkin apalagi bentar lagi UTS. karena gw sadar, To be a Biochemist is not to be an idiot. *apa sih lu ji?
Okeh.. back to story.... Tadi pagi gw berangkat ke lab sekitar jam setengah delapan lewat, dengan modal ATP-ATP yang masih tersisa dari proses metabolisme makan malem gw semalem, gw lari demi mengejar bis... akhirnya ntu bis bisa juga gw kejar.. Nyampe Mipet, gw lari-lari naek tangga. gw pikir liftnya belum nyala.. eh... dasar bangke.. tuh lift ternyata udah nyala.. huhu... gak ngasih tau gw sih lu, bilang kek kalo lu udah nyala...!!! Akhirnya bertemu lah gw dengan anak-anak Biokim di lantai 3 yang lagi sibuk nyontek pra-Lab, it's show time... buru-buru dah gw ikutan nyontek. Abis itu, asprak yang namanya kak Onta udah tereak-tereak manggil kita semua.. "WOOOYYYYY... MASUKKKK..." Akhirnya kita berjalan rempong terburu-buru mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk praktikum. masukin tas ke loker lah, ribet pake jas lab lah, ada yang pipetnya pecah, ada yang tempat pensilnya jatoh dari lantai 3,, hahaha... setelah masuk lab, akhirnya gw duduk manis di sebelah rian menunggu kedatangan asprak yang tiap praktikum pasti beda-beda. Jeng... Jreng... Akhirnya gw dapet asprak yang mirip sama si Banda, gw lupa namanya Indra Sugiarto apa Rita Sugiarto gitu.. Langsung dah dia bilang "Keluarkan Kertas selembar! Kita kuis! Kumpulin Raker! Pra Lab dan Segala Macemnya!" OKeh kita kuis, terus pas pengecekan barang-barang... huh... Mampus dah gw.. gw lupa bawa korek, alhasil gw di minus 5 poin, yang kasian si Banda, dia di minus 15 apa 20 ya gw lupa... hahaha... pisss ban...
Mulailah kita Praktikum "Sifat Fisik dan Sifat Kimia Hidrokarbon" untuk Kelompok A (A=Autis)... Gara-gara gak teliti baca raker, akhirnya praktikum kelompok kecil gw (Anis, Rian, dan gw) selalu aja salah... kelebihan Fe, Kelebihan Tabung, Reaksinya gak bagus, Nyucinya gak bener, kurang tetesan Toluena lah,(jas lab si Banda kena siram toluen lho gara-gara si Anis), beberapa kali tangan kita kena larutan , kelingking gw juga kena pengangas air. Tapi eh Tapi... Yang paling gw gak akan pernah lupain seumur hidup (khususnya bagi gw, Daniel, anis dan Rian) adalah kejadian ini...
Jadi gini, kita tuh lagi nyari kereaktifan asam sulfat sama toluen tapi biar reaksinya cepet kita panasin deh di penangas air 70 derajat, nama reaksinya itu reaksi sulfonasi.. jadi asam sulfat itu di ubah dulu jadi sulfonat, terus melalui mekanisme reaksi substitusi elektrofilik nempel deh gugus sulfonatnya ke toluen secara orto soalnya gugus metil kan pengarah orto-para *hoek.. cuh... Nah tiba-tiba... pas si Rian manasin tuh tabung, dia ngomong sesuatu ke gw tapi gw lupa apa. Dan setelah itu.. "DHUAAAAAAAAAAARRRRRRRRRRR
RRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRR"
Meledak dah tuh tabung, cairan asam sulfat pekatnya kemana-mana dan berhasil mengenai tangan gw, spontan aja gw teriak... "Mamamamamamamama.... PAnaaaaaaassssssss" gw langsung lari ke sumber air buat nyelametin tangan gw, si Daniel juga kena tangannya... huhuhu... Panas... bukan karena suhunya 70 derajat celcius tapi gara-gara asam sulfat pekat yang bisa buat kulit kita melepuh... Alhasil tangan gw berubah jadi item.. yang gw heran si Rian ngomongnya datar benget tanpa ekspresi (mungkin gara-gara terlalu kaget). dia ngomong... "Yah kak ininya pecah.." buset dah tuh si Rian, bukannya nyelametin diri. Itu juga gak murni kesalahan kita. Si asprak Rita Sugiarto gak ngasih tau kita kalo harus pake pYrex... dasar lu... doyan banget lagi nge minus nilai kita. Udah gitu ada asprak lain yang ngasih gw salep. Udah merasa baikkan akhirnya gw dateng ke TKP, busseettttt... buku raker gw, buku laporan gw, lap barunya si Rian, pada gosong dan bolong-bolong semua gara-gara asam sulfat pekat... yang bikin gw kesel tuh si rempong (ada deh..) ribet banget deh tuh anak, cuman gara-gara kecipratan Toluen dikit aja di kulit kukunya hebohnya minta ampun... tuh anak manja banget sih, bolak-balik nanya ke asprak kakak ini gimana? gak akan kenapa-napa kan tangannya kak? gak akan ada bekasnya kan kak? yaudah sih nanya nya jangan berkali-kali, bikin gw gak konsen aja praktikumnya. sialnya gw sekelompok sama dia di hampir semua praktikum... mamam lu nji... jengkel deh gw ama dia. dia tuh malah bikin ribet praktikum tau gak.. pas kita mau percobaan yang nitrasi toluena, si rempong itu heboh banget,,, aduh hati hati rian.. aduh.. jangan kenceng kenceng.. hati-hati panji entar meledak lagi *dengan nada manja... alhasil, si asprak rita sugiarto yang sama rempongnya ngusir dia. si rita sugiarto bilang " aduh mendingan kamu pergi aja deh, daripada kamu ganggu mereka. kamu bisa diem gak sih?" Mamam lu... lebok tah siah maneh diusir... berisik sih lu.. eh, dasar kampret, walau udah di usir tetep aja tuh anak rempong... Waktunya ngerjain laporan.. nothin' speciall...
Hikmah yang bisa di ambil dari cerita ini semua adalah:
a. Baca dan pahami raker anda, agar tidak terkena kutukan percobaan. Persiapkan alat-alat perlengkapan praktikum agar tidak terkena pengurangan nilai.
b. Berdoalah sebelum praktikum demi keselamatan anda dan jangan menjatuhkan tempat pensil dari lantai empat.
c. Jika anda mendapat asprak si Rita Sugiarto, banyak-banyak membaca istigfar dan doa tolak bahaya. (diinstruksikan untuk membaca sebanyak mungkin, minimal semenit 30 kali istigfar)
d. Jangan pernah menggunakan tabung selain pyrex kalo mau manasin larutan.
e. jika teman praktikum anda ada yang rempong, bentak saja jika dia mengganggu jalannya praktikum, karena itu akan membahayakan anda dan teman anda yang lain.
f. Belilah buku raker yang kualitasnya bagus, sehingga tidak akan bolong jika terkena larutan korosif pekat.
Sekian dan terimaksih... Sampai jumpa di lain kesempatan dengan cerita-cerita seru lainnya baik itu di lab maupun tempat-tempat mistis biokimia... Salam Eksis... Panji Cahya Mawarda... ^^

Tidak ada komentar: